11 Tips Cara Merawat Sepatu agar Tidak Cepat Rusak

Ditulis Oleh Terakhir Diperbarui

11 Tips Cara Merawat Sepatu agar Tidak Cepat Rusak

Setelah Membeli Sepatu tentu Kita harus menjaga dan Merawat sepatu sebaik dan semaksimal mungkin, agar Sepatu Kita tetap awet sampai kakek nenek hehe.

Untuk merawat Sepatu diperlukan kehatian-hatian terutama sepatu yang bahannya sensitif terhadap debu dan kotoran, seperti sepatu putih. Yang tidak kalah pentingnya juga pakailah sepatu sesuai Jenis Sepatu itu sendiri. '

Jika sepatu casual tentu pakailah untuk kegiatan yang sifatnya santai, jangan di pakai untuk kegiatan berolahraga karena akan membuat bahan dan tekstur sepatu menjadi cepat rusak.

Cara merawat sepatu sendiri mudah dilakukan dan tidak perlu alat khusus, adapun beberapa Jenis sepatu yang perlu ditanganinya secara khusus, seperti sepatu berbahan kulit yang harus disemir agar Warnanya tidak pudar atau menghilang.

Meskipun begitu, merawat Sepatu sangat mudah dilakukan tanpa perlu kursus selama berbulan-bulan terlebih dahulu hehe.

Cukup menyimak tulisan ini, insya allah Kita sudah bisa mengetahui cara merawat Sepatu secara baik dan benar.
Berikut Beberapa Tips Merawat Sepatu Kesayangan Kita

1. Koleksi beberapa Pasang Sepatu
 Koleksi beberapa Pasang Sepatu
Ilustrasi beberapa pasang sepatu
Memiliki beberapa jenis sepatu menjadi hal yang penting, karena Kita ketahui tidak semua sepatu bisa digunakan semua acara seperti sekolah, kuliah, olahraga, acara teman dan pekerjaan yang memiliki Sepatu Khusus. 

Setidaknya Kita harus memiliki 3 jenis sepatu, yaitu sepatu olahraga, sepatu casual dan sepatu kerja.

Itu tergantung seberapa banyak kegiatan yang Kita lakukan, bisa juga lebih sedikit dan lebih banyak. Ini dilakukan agar Sepatu Kita tidak cepat rusak dan tampil sesuai kegiatan dan acara yang Kita hadiri.

2. Pakailah Sepatu sesuai Jenis dan Kegunaannya.

Banyak yang tidak memperdulikan hal ini, padahal jika Sepatu Kita di gunakan tidak sesuai kegunaannya akan membuat sepatu menjadi cepat rusak.

Seperti saat Kita sekolah, biasanya Kita menggunakan Sepatu sekolah sekaligus untuk bermain Bola, maka jangan heran ketika sepatu yang baru Kita beli tidak bertahan lama atau rusak.

Biasanya kerusakannya ada di bagian pinggir sepatu, terkadang robek atau hanya ada bekas seperti ingin robek. dan terkadang juga bagian pinggir dan bawah sepatu atau sole akan cepat jebol atau bolong.

3. Sol Sepatu Baru sebelum dipakai
Sol Sepatu Baru sebelum dipakai
Ilustrasi seseorang yang sedang mengesol sepatu
Mengesol Sepatu bisa dibilang menambah biaya, jika sepatu yang Kita beli lebih murah dibanding mengesolnya. Harga mengesol Sepatu biasanya dikisaran 10 sampai 50 Ribu, tergantung seberapa rumit dan bahan yang digunakan.

Sebenarnya Sepatu yang baru Kita beli sudah di sol dari pabriknya, adapun sepatu yang tidak di sol di pabriknya.

Meskipun begitu, kegiatan ngesol Sepatu menjadi hal penting untuk dilakukan, karena biasanya sol sepatu atau jahitan sepatu dari Pabrik tidak terlalu kuat.

Terutama untuk sepatu yang harganya cukup murah. Sepatu mahalpun disarankan untuk di sol terlebih dahulu. Setelah Sepatu di Sol, akan membuat sole sepatu menjadi lebih kuat, tahan lama, dan tidak mudah rusak. 

4. Pakai Kaos Kaki
  Pakai Kaos Kaki
Foto orang yang sedang memakai kaos kaki
Kaus Kaki selain melindungi kaki dari lecet, kaus kaki juga melindungi sepatu dari keringat langsung yang bisa mengikis sol yang ada di dalam sepatu.

Terkadang jika Kita tidak memakai kaus kaki terutama untuk kegiatan yang berat seperti kerja lapangan dan berolahraga akan membuat kaki kita terasa sakit, lecet dan melepuh terkena gesekan terus menerus.

5. Semir Sepatu secara rutin
Semir Sepatu secara rutin
Beberapa Alat untuk menyemir sepatu
Menyemir Sepatu menjadi hal penting untuk dilakukan. Manfaat dari menyemir sepatu itu sendiri untuk menjaga dan mempertahankan warna sepatu.

Sering terjadi sepatu yang tidak di semir secara rutin akan membuat warna sepatu lebih cepat pudar. Biasanya Bahan Sepatu yang sering di semir adalah sepatu berbahan kulit.

Menyemir Sepatu cukup mudah, siapkan kain basah untuk membersihkan sepatu terlebih dahulu, setelah itu siapkan sikat gigi bekas atau sikat khusus semir sepatu dan semir sepatu (bisa berbentuk cair,padat dll)

setelah itu lumurkan semir sepatu dan sikat sepatu dengan sikat gigi, diamkan 15 - 30 menit sampai terlihat mengkilap. Usahakan Menyemir Sepatu seminggu sekali jika Sepatu setiap hari dipakai.

Adapun untuk mendapatkan alat untuk menyemir sepatu bisa Anda beli di pasar, jika Anda malas mencarinya bisa juga membelinya lewat Toko Online yang menjual alat semir sepatu.

6. Keringkan Kaki sebelum memakai Sepatu

Sebelum memakai sepatu, Kaki harus bersih dan stril dari air, jika tidak lama-kelamaan sepatu akan lembab dan terdapat bakteri di dalam sepatu dan akan membuat sepatu mengeluarkan bau tidak sedap.

Begitu juga sebaliknya, jangan menggunakan sepatu jika Sepatu dalam kondisi Basah, karena akan membuat sepatu menjadi Bau dan Kaki rentan terkena penyakit kaki, karena kuman dan bakteri di dalam sepatu.

7. Segera bershikan dan keringkan jika Sepatu terkena air dan Lumpur
Segera bershikan dan keringkan jika Sepatu terkena air dan Lumpur
Ilustrasi sepatu terkena air
Aktivitas yang padat membuat sepatu cepat kotor terkena noda, terutama sepatu olahraga seperti sepatu bola yang sering terkena lumpur atau rumput tercampur tanah kering.

Sebelum noda menyebar dan sulit dihilangkan, usahakan segera bersihkan dan keringkan sepatu menggunakan kain lap lembut.


8. Mencuci Sepatu dan Membersihkannya secara baik dan benar

Pertama jangan mencuci dengan bantuan Mesin Cuci, Mesin Cuci memang bisa membantu Kita menghemat waktu dan tenaga, tapi itu tidak baik dan tidak disarankan jika yang di cuci adalah sepatu.

Karena akan membuat sepatu cepat rusak dan berkerut menjadi mengecil. Beberapa Lem dan bagian Sepatu akan terlepas karena terbentur dan berputar-putar di mesin cuci,

khususnya untuk Sepatu yang mudah rusak terkena benturan seperti sepatu vans dan converse.

Saat menjemur sepatu jauhkan dari sinar matahari langsung, tempatkan Sepatu di tempat yang hangat tidak terlalu panas. Jika langsung terkena sinar matahari akan membuat warna sepatu menjadi cepat pudar.

dan Sepatu akan terlalu kering dan merusak bahan sepatunya. Untuk lebih lengkapnya baca tulisan sebelumnya mengenai langkah-langkah Cara Mencuci dan Membersihkan Sepatu yang Kotor

9. Gunakan Baking Soda untuk menghilangkan bau Sepatu
Gunakan Baking Soda untuk menghilangkan bau Sepatu
Contoh Produk Baking Soda
Kita bisa taburkan baking soda pada malam hari di bagian dalam sepatu, lalu bersihkan taburan baking sodanya di pagi hari. Dengan cara ini bisa mengurangi dan menghilangkan bau sepatu Kita.

Baking Soda bisa Anda dapatkan di warung dan toko makanan (karena memang biasanya baking soda digunakan untuk bahan makanan) atau bisa juga langsung membelinya di pasar. Bisa juga membelinya lewat Toko Online yang menjual Baking Soda.

10. Jika Sepatu Rusak gunakan Lem Sepatu Khusus
Jika Sepatu Rusak gunakan Lem Sepatu Khusus
Ilustrasi seseorang yang sedang mengelem Sepatu
Apabila bagian Sepatu yang terlihat mengelupas atau copot, pasang dan rekatkan kembali menggunakan lem khusus sepatu.

Usahakan jangan memakai Lem jenis lain seperti Lem Besi (Lem Power), Lem Kayu, Lem PVC dan Lem lainnya, karena akan mengakibatkan kerusakan bagian sepatu dan sambungan yang di bentuk tidak kuat.

Untuk mendapatkan Lem khusus sepatu cukup mudah, salah satunya melalui Toko Online yang menjual Lem Khusus Sepatu.
 

11. Simpan Sepatu di Rak Sepatu


Simpan Sepatu di Rak Sepatu
Contoh Penyimpanan Sepatu
Sediakan Tempat khusus untuk menyimpan Sepatu, seperti di Rak Sepatu atau tempat lainnya, agar Sepatu Kita terlihat rapi dan nyaman dilihat.

Jika Sepatu jarang digunakan, lebih baik simpan di dalam kardus atau box sepatu agar sepatu terhindar dari debu dan kotoran.


Tips dan cara di atas bisa Kita lakukan di rumah dengan sepatu kulit, kulit sintetis, converse, vans, kanvas, kain, tomkins, sneakers sampai sepatu olahraga dan sepatu sekolah.

Semoga bisa membantu Anda mengatasi masalah Merawat Sepatu agar tidak cepat rusak.

a1j2p3
sepatu